Novel “Puspabangsa”

Stasiun Kotalama lenggang dan sepi, hanya terdengar sayup-sayup lagu-lagu patriotis dari sistem pengeras suara. Sesekali terselip siaran jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta. Dua buah jam dinding raksasa di atas gerbang utara dan selatan menampilkan waktu. Kain-kain dengan warna bendera imperium, merah, kuning, hitam, putih, menggantung di langit-langit. Beberapa poster besar menghiasi dinding-dinding terowongan. Bau lem basah samar-samar terendus. Temanya tak pernah berubah selama beberapa dasawarsa, ancaman musuh yang tak terlihat.

– Bab 8, “Puspabangsa”

“Puspabangsa” adalah novel pertama saya yang diterbitkan secara independen. Bertema sejarah alternatif (alternate history), dystopia, dan fiksi ilmiah, novel ini menceritakan perjalanan tokoh-tokoh utamanya menguak rahasia masa lalu mereka. Berlatar di Nusantara di akhir abad 20, di mana para pemuka agama menjadi pemimpin de facto negara dan masyarakat terbagi ke dalam kelas-kelas sosial yang kaku dan tak saling bercampur.

Bekerja sama dengan penerbit Buruan & Co, novel ini terbit di Februari 2021. Saat ini bukunya sudah bisa didapatkan di toko-toko daring/luring (online/offline) berikut:

  1. toco.buruan.co https://www.instagram.com/toco.buruan.co/
  2. JBS (Jual Buku Sastra) https://www.instagram.com/jualbukusastra/
  3. Toko Buku Kabar Kampus https://www.instagram.com/tokobukukabarkampus/
  4. Buku Malka https://www.instagram.com/bukumalka/

Karena apa signifikansi agama bila tak ada yang mempercayainya. Apa makna ibadah tanpa ada yang menjalankannya. Apa keistimewaan dewata bila tak ada yang menyembahnya. Semuanya cuma ide-ide tanpa arti. Agama hanyalah sebuah kata bagi mereka yang tanpa iman.

– Bab 10, “Puspabangsa”

Versi digital

Pertama kali diterbitkan dalam format serial yang terdiri dari 9 episode di KaryaKarsa pada tanggal 28 Oktober 2020. Novel dalam format digital (PDF/EPUB/mobi) segera menyusul.


Informasi buku

PUSPABANGSA
© Karim Nas

Penyunting: Yori Papilaya
Desain Sampul: Citra Pramadi
Desain Isi: Juan Pena

ISBN : 978-623-94440-1-3

Cetakan Pertama, Januari 2021
412 hlm.; 14×21 cm

Diterbitkan oleh Penerbit Buruan & Co.
CV Buruan Media Sejahtera
Gang Cikutra No. 22 RT 01/02
Neglasari, Bandung


Senarai lagu

Dibuat oleh Ohdio Ef Em